Semangat pagi Bu guru ^_^

10 September, hari pertama sekolah. Upacara… hal yang dirindu setiap seninnya. Padahal waktu sekolah, paling males upacara. *ups

Sambutan hangat, seperti apa sih pendidikan di sekolah islam terpadu??? Ya pastilah sangat jauh berbeda dengan pendidikan formal di sekolah negeri. Upacara pertama, tanpa pengibaran bendera. Karena bendera sudah berkibar sejak pagi di atas tiangnya. Upacara itu hanya berbaris, menyanyi lagu wajib nasional dan mendengar amanat Pembina upacara. Kalian tahu apa isi amanatnya kawan? Tips menghafal alqur’an. Ya, mungkin kau tak kan menjumpainya di upacara sekolah negeri. Upacara selesai dan tugasku hanya mendampingan siswa-siswaku dan memastikan mereka baik dan rapi saat dalam barisan.

Di kelas, para bocah itu riuh ingin kenalan. Ibu baru, ibu kacamata. Siapa namanya bu? Ok, ini reaksi anak-anak. Aku akan mencoba masuk duniamu nak. Mengingat-ingat tingkahku 16 tahun yang lalu. Tapi yang kutemui berbeda. Kita beda zaman, beda kondisi, dan beda tempat sekolah. Tentu semua berbeda, meski tak terlalu. Pertama, mereka kebanyakan adalah anak-anak dari kalangan keluarga menengah ke atas yang pulang pergi sekolah diantar jemput mobil mewah. Mungkin hanya satu dua yang dijemput motor, itupun ojeg karena orang tuanya mungkin sibuk bekerja. Keadaan itu tentu saja membuat semua anak-anak disini manja. Itu asumsi saja. Bukankah semua anak memang manja?

II Baghdad, markas yang akan kujaga selama 3 bulan kedepan. Menggantikan wali kelas mereka yang cuti melahirkan. Aku sendirian, tanpa banyak arahan, tanpa latihan. Tantu aku akan banyak Tanya, tapi pada siapa? Menjadi yang paling muda dalam semua kondisi memang sering kualami tapi kondisi ini kadang membuatku semakin susah untuk mandiri. Di rumah, dalam lingkaran itu, dan sekarang ditempat ini. Siapa aku? PD ku ciut. Tapi, bukankah Allah memberikan segalanya sesuai kemampuan hambaNya? Ok positif thinking mi.

Kelas itu ada 22 siswa. Alif sang Kapten, anak pertama yang menarik perhatiaanku. Kemudian bagaimana kisah anak lainnya? Apa saja yang terjadi di sekolah?

 

 

 

2 thoughts on “Semangat pagi Bu guru ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s